Seluk-beluk MOKA-KU UPI 2013

on Sabtu, 28 September 2013
       MOKA-KU UPI merupakan sebuah kegiatan wajib untuk para mahasiswa baru yang baru saja diterima melalui berbagai jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, dan UM. MOKA-KU ini merupakan kepanjangan dari Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum. Tema MOKA-KU UPI pada tahun 2013 ini adalah “pendidikan untuk merangkai Indonesia”.
           Di kegiatan MOKA-KU ini para calon mahasiswa baru diberikan kuliah umum yang berisikan apa itu kuliah? , bagaimana sistem pembelajaran kuliah? , seperti apa lingkungan kampus yang akan mereka tempati, dan berbagai informasi penting seputar kuliah dan kampus.
           Berbeda dengan Universitas-universitas lainnya yang ada di Indonesia, dimana masa orientasi yang identik dengan kegiatan perpeloncoan dan sebagainya di MOKA-KU ini tidak ada sama sekali tindakan-tindakan yang berbau perpeloncoan, karena seluruh panitia yang turut serta dalam kegiatan ini telah disumpah bahwa semua mahasiswa UPI menghindari kegiatan perpeloncoan. Ini berarti kampus UPI merupakan Kampus yang meng-haramkan tindakan perpeloncoan dalam semua kegiatan yang berada dalam lingkungan dan dibawah nama universitas UPI. Begitupun para calon mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan MOKA-KU langsung bersumpah bahwa kami para mahasiswa UPI menjauhi tindakan-tindakan perpeloncoan.
          Kegiatan MOKA-KU ini berlangsung selama 4 hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 27-30 Agustus 2013. Kegiatan MOKA-KU ini diadakan serempak maupun kampus UPI Bumi Siliwangi atau kampus daerah, sekitar 6000 lebih mahasiswa mengikuti kegiatan ini. Pada hari pertama para calon mahasiswa baru dikumpulkan di gymnasium UPI untuk menghadiri acara pembukaan kegiatan MOKA-KU UPI yang di buka secara resmi oleh rektor UPI saat itu yakni Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M. Pd.
        Setelah dibuka secara resmi para calon mahasiswa baru ini diberikan informasi-informasi penting seputar kampus UPI dan seputar kegiatan perkuliahan. Para mahasiswa baru pun mendapatkan ceramah umum dari berbagai narasumber, dikenalkan dengan BEMREMA (Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia). BEMREMA ini merupakan organisasi kemahasiswaan tertinggi di tingkat universitas. Setelah dikenalkannya BEMREMA para mahasiswa baru ini juga dikenalkan dengan
 berbagai lembaga di bawah naungan BEMREMA seperti MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa) , DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) , dsb. 
          Pada Hari Kedua MOKA-KU UPI 2013 ini para mahasiswa diberi penjelasan mengenai fakultas dan prodi jurusan, pada hari kedua ini mahasiswa dipecah dan diserahkan pada fakultas dan prodi nya masing-masing. Para mahasiswa baru diberi informasi mengenai kelembagaan tingkat fakultas dan jurusan.
        Pada hari ketiga MOKA-KU UPI 2013 mahasiswa baru kembali dikumpulkan di gymnasium karena pada hari ketiga ini dikenalkan berbagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di UPI. Lebih dari 60 UKM telah berdiri secara resmi di UPI ini, berbagai jenis UKM mulai dari keagamaan, olahraga, seni , dan yang lainnya siap mewadahi minat para mahasiswa baru. Beberapa UKM yang ada di UPI pun sudah meraih berbagai penghargaan dari tingkat daerah, nasional, dan internasional. Diharapkan para mahasiswa baru ini aktif dalam organisasi juga, agar mendapat berbagai hal-hal positif dibanding dengan mengikuti perkuliahan saja tanpa ikut berorganisasi.
        Pada hari keempat atau hari terakhir ini para mahasiswa baru kembali diserahkan kepada tiap-tiap fakultas dan prodi jurusannya masing-masing untuk mendapatkan materi ormawa tiap-tiap jurusan/prodi sebelum nantinya dikumpulkan kembali di gymnasium untuk acara penutupan. Disini juga proposal PKM dari tiap kelompok mahasiswa yang sebelumnya telah ditugaskan sebelum acara MOKA-KU dikumpulkan. Apa itu PKM? , PKM (proposal Kreativitas mahasiswa) adalah sebuah proposal yang diajukan tiap-tiap kelompok mahasiswa untuk menuangkan ide-ide mereka dalam sebuah tindakan nyata, adapun berbagai jenis pkm yakni seperti PKM-penelitian, pengabdian pada masyarakat, artikel ilmiah,teknologi, kewirausahaan, karsa cipta dan gagasan tertulis. 
      Sebelum acara penutupan UPI telah menyediakan seorang narasumber untuk memotivasi para mahasiswa baru ini, yakni seorang Aa Gym. Setelah itu acara MOKA-KU UPI 2013 ini pun ditutup secara resmi dan para mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan MOKA-KU ini pun telah resmi menjadi seorang mahasiswa, setelah dipakaikannya jas almamater sebagai simbolis resminya para mahasiswa baru ini telah menjadi mahasiswa di UPI.


- Arief Perdiansyah -

0 komentar:

Posting Komentar