MOKA-KU UPI 2013

on Sabtu, 28 September 2013
Universitas Pendidikan Indonesia atau yang kita kenal dengan sebutan UPI, pada tanggal 27-30 Juni 2013 mengadakan sebuah kegiatan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKA-KU) bagi mahasiswa baru UPI tahun akademik 2013/2014 yang mengusung tema “Pendidikan untuk Merangkai Indonesia”.

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru mengenal terlebih dahulu kehidupan di perguruan tinggi secara menyeluruh sesuai bidang studi masing-masing di Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan ini juga memperkenalkan mahasiswa baru dengan program kemahasiswaan, program akademik fakultas dan jurusan/program studi, ormawa, fasilitas yang dimiliki, peraturan dan norma akademik serta kurikulum pada masing-masing program studi. Kegiatan ini bukan seperti yang sering dibicarakan oleh orang-orang bahwa kegiatan seperi ini adalah kegiatan perpeloncoan. Justru kegiatan ini sangat banyak manfaatnya untuk mahasiswa baru yang baru mau menjajaki sebuah perubahan status dari yang asalnya siswa menjadi mahasiswa. Mahasiswa baru jadi mempunyai gambaran harus bagaimana kelak kita saat menjajaki masa perubahan status tersebut.

Sesuai dengan tema yang diusung, kegiatan ini penuh dengan acara yang berkaitan dengan pendidikan.. Salah satunya pemberian materi dari para dosen mengenai pendidikan pada saat ini dan cara kita untuk membenahinya. Disini juga kita diperkenalan dengan yang namanya Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia ( BEM REMA UPI ) atau yang dulu kita kenal di SMA adalah OSIS. Badan ini merupakan organisasi kemahasiswaan tertinggi di tingkat universitas. Badan ini diawasi oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia ( DPM REMA UPI ). Dan ada pula lembaga kedaulatan tertinggi organisasi kemahasiswaan UPI, yaitu Majelis permusyawaratan Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia ( MPM REMA UPI ). Universitas Pendidikan Indonesia juga memiliki kurang lebih 68 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau yang dulu kita kenal saat masih menjadi siswa adalah ekstrakulikuler.

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan yang sangat sakral di gymnasium dipimpin oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan ceramah umum yang disampaikan oleh para pembantu rektor mengenai Universitas Pendidikan Indonesia dalam perspektif pembaharuan, pedoman perilaku dan citra diri mahasiswa. Selanjutnya mahasiswa baru juga diberikan sosialisasi mengenai Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang sebelumnya kami memang sudah diberi tugas untuk membuat proposal PKM dalam bentuk berkelompok.

Dihari selanjutnya para mahasiswa baru melaksanakan kegiatan ini di fakultasnya masing-masing. Di fakultas kita diperkenalkan dengan profil fakultas, bimbingan akademik dan kemahasiswaan, sarana dan prasarana serta mekanisme SPP. Setelah selesai di fakultas, kita digiring untuk ke jurusan masing-masing. Disanapun kita diperkenalkan sama dengan yang diperkenalkan di fakultas.

 Kegiatan ini semakin menarik ketika dihari selanjutnya tiap-tiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menampilkan kebolehannya masing-masing. Para mahasiswa baru sangat antusias saat menyaksikan penampilan-penampilan dari tiap UKM tersebut. Bisa dibilang penampilan dari tiap-tiap UKM ini merupakan hiburan untuk mahasiswa baru. Dan tidak kalah menariknya, pada hari terakhir MOKA-KU UPI 2013 para mahasiswa baru mencetak rekor MURI dengan membuat vas bunga menggunakan botol plastik bekas yang sekelilingnya dililit oleh pilinan koran. Pencetakan rekor MURI ini memang sudah rutin diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia setiap tahunnya. Kegiatan ini pun diakhiri dengan upacara penutupan yang berlangsung sakral dan antusiasme para mahasiswa baru.

- Tantri Sri Hardianti - 


0 komentar:

Posting Komentar