MOKA KU UPI 2013

on Sabtu, 28 September 2013
Terasa hambar rasanya bila saat memasuki lingkungan belajar yang baru tanpa ada masa orientasi alias pengenalan terlebih dahulu. Dan mungkin tanpa ada masa orientasi, para penghuni baru akan kebingungan dalam mencari-cari informasi mengenai lingkungan belajar barunya. Bahkan mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk itu.
Universitas Pendidikan Indonesia, salah satu kampus ternama di Indonesia, yang setahu saya memiliki peringkat cukup baik di jajaran kampus-kampus di Indonesia pun memiliki masa orientasi kampus setiap tahunnya. Masa orientasi kampus ini bertujuan untuk mengenalkan secara garis besar mengenai lingkungan belajar baru kepada mahasiswa penghuni baru berupa informasi-informasi. Ya seperti biasa, informasi itu tak jauh dari perkenalan rektor, pembantu rektor, jajaran dosen, jajaran staf, organisasi-organisasi, fasilitas-fasilitas yang tersedia, hingga kurikulum dan sebagainya. Itu adalah pengenalan yang wajib.
Masa orientasi di kampus Universitas Pendidikan Indonesia dinamakan MOKA KU, yang memiliki kepanjangan “Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum”. MOKA KU ini memberikan banyak informasi bermanfaat bagi mahasiswa baru yang butuh banyak pengenalan dengan lingkungan belajar barunya, diantaranya; perkenalan rektor, pembantu rektor, jajaran dosen, jajaran staf, organisasi-organisasi yang ada di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (organisasi yang sangat memiliki andil dalam lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia seperti BEM “Badan Eksekutif Mahasiswa”, DPM “Dewan Perwakilan Mahasiswa”, dan MPM “Majelis Permusyawaratan Mahasiswa”. Hingga unit-unit kegiatan mahasiswa atau yang disingkat UKM dengan jumlah yang sangat banyak, yang katanya, jumlahnya mencapai 68 unit) , fasilitas-fasilitas yang tersedia dan pasti bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa secara optimal, peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh mahasiswa, hingga kurikulum yang berjalan di kampus Universitas Pendidikan Indonesia.
Selain pengenalan yang wajib seperti di atas, MOKA KU juga diisi dengan berbagai materi yang tak kalah penting. Mulai dari materi tentang Empat Pilar Kebangsaan (yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika), penjelasan dan presentasi dari beberapa orang mengenai “Universitas Pendidikan Indonesia dan perspektif pembaharuan”, berbagai pedoman (pedoman akademik, pedoman kurikulum, pedoman kalender akademik, pedoman pengembangan kegiatan kemahasiswaan, dan pedoman pemanfaatan fasilitas akademik dan kemahasiswaan), beberapa motivasi berprestasi yang sangat menarik dan sayang bila dilewatkan dari beberapa orang “ternama”, bimbingan akademik dan peran pembimbing akademik (PA), serta dinamika organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia.
Itulah beberapa informasi penting yang sangat dibutuhkan mahasiswa baru untuk bekal utama dalam belajar di lingkungan yang baru.
Syukur alhamdulillah, pada tahun ini saya merupakan salah satu peserta Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum Universitas Pendidikan Indonesia, dalam arti lain, alhamdulillah saya diberi kesempatan menimba ilmu di lingkungan yang baru, kampus yang namanya patut diperhitungkan, dengan lingkungan belajar yang sangat menunjang dan dapat menempa calon “senjata-senjata” negara untuk memiliki kemampuan yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain setelah terjun di dunia persaingan yang sesungguhnya, insyaAllah.
Pada hari pertama, semua mahasiswa baru diwajibkan berkumpul di sektornya masing-masing (terdapat lima sektor bagi seluruh mahasiswa baru yang lokasinya berbeda-beda), termasuk saya. Lalu di setiap sektor dibagi lagi menjadi kelompok-kelompok secara acak. Dan kebetulan saya masuk ke dalam kelompok empat. Saya berkenalan dengan banyak teman baru dari jurusan yang berbeda-beda. Pada hari ini diisi dengan berbagai perkenalan wajib (seperti yang disebutkan diatas) yang dilaksanakan di gedung terbesar Universitas Pendidikan Indonesia yaitu gedung Gymnasium.
Hari kedua merupakan masa orientasi kampus yang ditujukan kepada fakultas. Saya beserta mahasiswa baru fakultas FPMIPA dikenalkan dengan berbagai hal dalam fakultas. Dimulai dari perkenalan dengan dekan, pembantu dekan, serta bagaimana cara belajar seorang calon scienctist dan guru ilmu murni, hingga fasilitas-fasilitas yang tersedia di gedung-gedung tempat kami akan belajar.   Hari ketiga kami kembali lagi ke Gymnasium untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan (demo) dan perkenalan dengan unit kegiatan mahasiswa dari pagi hingga beberapa jam sebelum waktu ashar. Dan pada akhirnya, kami disuruh untuk keluar dan melihat banyak stand-stand UKM tersebut.   Hari terakhir, hari dimana saya dan mahasiswa baru jurusan komputer untuk berkenalan dengan jurusan kami. Dimulai dari gedung FPMIPA C yang penghuninya hanya mahasiswa-mahasiswa serta dosen komputer, organisasi di dalam himpunan jurusan kami, kegiatan dan komunitas yang ada di himpunan kami, fasilitas yang ada dan bisa dioptimalkan, sampai perkenalan dengan para dosen.
Dan pada hari ini pula acara MOKA KU UPI 2013 ditutup. Dengan beberapa motivasi dari berbagai orang ternama, seperti Aa Gym. Dan diakhiri dengan pemakaian jaster kampus secara simbolis lalu penutupan resmi oleh rektor yang ditandai dengan ketukan palu, hujan balon, dan pemutaran film dokumenter MOKA KU UPI 2013.
Banyak sekali hal-hal dan informasi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru, khususnya saya, pada acara MOKA KU UPI 2013 ini. Perkenalan dengan lingkungan belajar yang baru, pengajar baru, kakak-kakak baru, teman baru, dan yang paling penting; sikap yang harus baru dan lebih baik pula sebagai seorang mahasiswa.

- Irvan Ramadhan Saputra - 

0 komentar:

Posting Komentar