MOKA-KU 2013

on Sabtu, 28 September 2013

    Universitas Pendidikan Indonesia telah  menyelenggarakan kegiatan resmi bertemakan “Pendidikan Untuk Merangkai Indonesia” dalam penyambutan mahasiswa baru tahun ajaran 2013/2014. Masa orientasi kampus dan kuliah umum atau biasa disebut moka-ku ini merupakan kegiatan rutin dari almamater Universitas Pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru kedalam ruang lingkup kampus Universitas Pendidikan Indonesia dan  mengetahui serta menerapkan aturan, norma, budaya dan tata tertib yang berlaku di dalamnya. Kegiatan berlangsun empat hari dari tanggal 27 Agustus 2013 sampai tanggal 30 agustus 2013. 

Kegiatan ini berlangsung dibawah naungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia atau biasa disebut dengan BEM REMA UPI. BEM REMA UPI adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif  di Universitas Pendidikan Indonesia. Calon mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia yang akan mengikuti kegiatan MOKA-KU UPI 2013 menerima tugas-tugas yang diberikan oleh panitia penyelenggara MOKA-KU UPI 2013 melalui jejaring social facebook dan twitter. Peserta MOKA-KU UPI 2013 dibagi menjadi 5 sektor, setiap sektor diberi ciri khas warna yang berbeda meliputi: warna hijau untuk sektor 1, warna ungu untuk sektor 2, warna oranye untuk sektor 3, warna merah untuk sektor 4, dan warna biru untuk sektor 5. Seluruh Mahasiswa baru peserta MOKA-KU UPI 2013 diwajibkan untuk memakai baju kemeja panjang dan celana bahan untuk hari pertama, kedua, dan ke empat. Untuk hari ketiga, mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia mengenakan pakaian kaos putih polos beserta celana bahan hitam panjang.
Di hari pertama yang bertepatan pada tanggal 27 agustus 2013, mahasiswa baru peserta MOKA-KU UPI 2013 dikumpulkan di sektor masing-masing untuk dibimbing dan diberi arahan dalam pelaksanaan MOKA-KU UPI 2013. Masing masing sektor lalu mengisi gymnasium untuk mengikuti rangkaian acara yang telah dipersiapkan dengan sebaik mungkin oleh panitia MOKA-KU UPI 2013. Acara pertama dimulai dengan sambutan-sambutan dari berbagai pihak penting disertai ketok palu oleh rektor sebagai pembukaan acara MOKA-KU UPI 2013.
Di hari kedua, peserta MOKA-KU UPI 2013 dikumpulkan di depan gedung fakultas masing-masing. Beberapa fakultas di Universitas Pendidikan Indonesia yang terdiri dari: FPMIPA, FPOK, FPBS, FPEB, FPIPS, FIP, dan FPTK. Masing-masing fakultas memiliki ciri khas yel-yel kreatif yang dipandu oleh masing-masing pemandu. Setelah itu seluruh mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia kembali memenuhi gedung gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia untuk mengikuti rangkaian acara.
Di hari ketiga, masing-masing mahasiswa baru berkumpul di sektornya untuk dibagi menjadi beberapa kelompok sektor. Dari beberapa kelompok sektor tersebut diberi tugas untuk membawa buku-buku seperti buku cerita anak, buku pelajaran dan sebagainya. Setelah itu acara selanjutnya yaitu pengenalan UKM, UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang dibentuk untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa yang mempunyai kesukaan di bidang tertentu. Banyak UKM yang diperkenalkan pada saat itu seperti MAHACITA, KALAM, LDK UKDM UPI, Tarung Derajat, KOMPOR, AL-Qolam , dan lain-lain.
DI hari terakhir, mahasiswa baru peserta MOKA-KU UPI 2013 dikumpulkan sesuai dengan jurusannya masing-masing untuk diberi pengarahan tentang jurusannya.  Para peserta diperkenalkan dengan berbagai kegiatan-kegiatan jurusan. Bahkan diperkenalkan dengan para dosen yang akan mengajar pada jurusan-jurusan tersebut. Pada hari ini, UPI berhasil mencetak rekor MURI dalam pembuatan kerajinan tangan dari pilinan Koran dalam bentuk vas bunga terbanyak di Negara Indonesia.

- Brahma Putra -

0 komentar:

Posting Komentar