MOKA-KU UPI 2013 “Pendidikan untuk Merangkai Indonesia”

on Sabtu, 28 September 2013
Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum 2013 atau yang sering disebut MOKA-KU UPI 2013 dengan tema “Pendidikan Untuk Merangkai Indonesia” berlangsung dari tanggal 27-30 Agustus 2013. Hari pertama pukul 05.30 WIB calon mahasiswa baru  sudah berkumpul di sektornya masing-masing, dan ada juga yang masih kesiangan walaupun beda beberapa menit. Setelah semua calon mahasiswa baru UPI 2013 berkumpul, semua di arahkan ke Gymnasium UPI oleh panitia. Jargon dan yel-yelan tiap sektor meramaikan isi Gymnasium. Deretan Name tag berwarna Hijau di sektor 1, Ungu di sektor 2, Oranye di sektor 3, Merah di sektor 4, dan Biru di sektor 5, semuanya menghiasi tiap sudut gymnasium dengan yel-yelannya. Acara dimulai dengan pembacaan do’a, kemudian Pembukaan MOKA-KU UPI 2013 yang diresmikan oleh Rektor Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. Setelah itu, para mahasiswa baru tetap duduk manis di tempat duduknya masing-masing mendengarkan ceramah umum dari Para Pembantu Dekan tentang “ UPI dalam Perspektif Pembaharuan, Pedoman Perilaku dan Citra Diri Mahawiswa” dan ceramah umum dari Pusat Kajian Pancasila dan Wawasan tentang “Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika).
 Dihari kedua, para mahasiswa baru berkumpul di depan Fakultasnya masing-masing pukul 06.30 WIB. Berbaris tiap jurusan, dan diarahkan oleh pemandu untuk yel-yelan dan jargonnya. Tiap jurusan saling menyanyikan yel-yelannya karena tidak mau kalah. Setelah itu para mahasiswa baru di giring ke tempat jurusannya masing-masing. Kami para mahasiswa baru ilmu komputer dan pendidikan ilmu komputer dibawa ke gedung FPMIPA-C yang berada di pinggir Gymnasium. Disana diperkenalkan dosen-dosen yang akan mengajar, serta kedudukannya di jurusan. Sebelum adzan berkumandang peserta dipersilahkan makan hanya dalam waktu beberapa menit, kemudian semua peserta dipersilahkan untuk sholat bagi yang beragama muslim. Setelah kegiatan di jurusan selesai, peserta diarahkan menuju Gymnasium untuk sosialisasi tentang PKM.
Dihari ketiga, pada pukul 05.30 WIB para peserta sudah berkumpul di sektornya masing-masing. Kemudian para pemandu tiap kelompok memandu para anggotanya, dengan beragam pertanyaan yang menjurus ke perkuliahan. Setelah kepemanduan selesai, para peserta di arahkan menuju Gymnasium. Pembukaan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran , dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne UPI, kemudian sambutan dari Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa dan FK UKM. Para peserta MOKA-KU UPI 2013 terpecahkan kantuknya saat FLASH MOB dalam Opening UKM. Ketika perkenalan tiap UKM dimulai, para peserta ada yang mulai terkantuk lagi, ada yang serius melihat dan mendengarkan pembicara, mengobrol,makan, dan sebagainya. UKM-UKM yang diperkenalkan berupa KOMPOR, MAHACITA, HIPMI, SULAP, IBAF, UKDM, KALAM, LEPPIM, KABUMI, PERFORMA, PSM, SENAM, HOCKEY, ANGGAR, dan masih banyak lagi UKM-UKM di Universitas Pendidikan Indonesia. Setelah itu para peserta dipersilahkan untuk makan, sholat, kemudian mengunjungi stand-stand UKM yang telat disediakan. Namun karena keterbatasan waktu dan tempat, para peserta mungkin hanya mengunjungi beberapa stand UKM.
Pada hari keempat, yang merupakan hari terakhir Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum Universitas Pendidikan Indonesia 2013 atau yang lebih sering disebut MOKA-KU UPI 2013 dimulai  pukul 06.30 WIB dengan berkumpulnya para peserta di Fakultasnya masing-masing. Tidak lupa tiap jurusan saling mengumandangkan yel-yelan dan jargonnya. Setelah persiapan selesai, para peserta diarahkan ke jurusannya masing-masing. Kami para mahasiswa Ilmu Komputer dan Pendidikan Ilmu Komputer diarahkan ke Gedung FPMIPA-B yang terletak tidak jauh dari FPMIPA-A. Disana dijelaskan tentang sejarah jurusan, serta perkenalan kepengurusan dari BEM KEMAKOM, serta DPM KEMAKOM 2013-2014. Kemudian para peserta diperkenalkan dengan UKK yang merupakan Unit Kegiatan yang berada di jurusan seperti KEMAKOM FC, Ostric, dan Club-Ink. Sebelum adzan berkumandang, panitia mengarahkan para peserta laki-laki untuk persiapan shalat jum’at. Sedangkan peserta perempuan tetap di tempat untuk melakukan kegiatan keputrian. Setelah selesai para peserta diarahkan panitia untuk menuju Gymnasium. Di Gymnasium para peserta terkagum dengan balon yang ada di langit-langit Gymnasium. Acara pun dimulai, dengan pemberian motivasi oleh seorang Da’i yang tidak asing yaitu Aa Gym. Kemudian adanya pencetakan Rekor MURI yang akan dilakukan oleh para peserta dengan membuat vas bunga dari pilinan koran dan botol plastik. Acara pun ditutup dengan sambutan dari Rektor serta penyematan jaket Almamater UPI kepada perwakilan tiap fakultas.

- Astri Artiningsih - 

0 komentar:

Posting Komentar