Menyambut Bulan Suci yang Penuh Berkah

on Minggu, 07 Juli 2013
Ramadahan merupakan bulan suci dan bulan penuh berkah. Biasanya, semua orang mendadak menjadi rajin beribadah sunnah dan rajin pergi ke mesjid. Wajar saja, karena di bulan Ramadhan ini pahala dikalikan berliat-lipat. Maka, semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang banyak.
Menyambut bulan suci ini bagaikan menyambut seorang tamu yang sangat spesial. Biasanya, ketika seseorang menyambut orang spesial, ia berpenampilan rapi, harum, dan menarik. Ia menyiapkan semuanya dengan baik dan sangat bersemangat.  Itulah yang harus kita terapkan juga untuk menyambut bulan yang suci ini. Kita harus mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan. Mulailah pertingkatkan ibadah dan amalan baik kita. Cobalah mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti melaksanakan shalat dhuha, tilawah Qur’an ditingkatkan, sedekah lebih rajin, perkuat tali silaturahmi, dan sebagainya. Semangatlah menyambut bulan suci yang penuh berkah ini seperti menyambut tamu spesial yang datang ke rumah anda.
Rasulullah pun menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Hal yang dilakukan Rasulullah ketika menyambut bulan Ramadhan:
1.      Rasulullah memperbanyak puasa di bulan Sya’ban.
2.      Rasulullah mengadakan ceramah-ceramah agama kepada para sahabatnya di akhir bulan Sya’ban dengan menghadirkan tema-tema terkait keutamaan dan kelebihan di bulan Ramadhan, seperti sabda Rasulullah dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah r.a: “Sesungguhnya telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, yaitu bulan yang diberkati, Allah mewajibkan kepada kalian puasa didalamnya, didalamnya terbuka pintu-pintu sorga dan tertutup pintu-pintu neraka Jahim dan didalamnya dibelenggu para setan, didalamnya terdapat malam yang lebih utama dari seribu bulan. Barang siapa yang tidak diberikan kepadanya kebaikan selama bulan tersebut berarti telah diberikan kepadanya segala bentuk kebaikan”.
3.      Memberikan ucapan selamat atas kedatangan bulan Ramadhan yang diberkati. Ketika bulan Ramadhan datang, Rasululah saw mengucapkan selamat kepada para sahabat dengan ungkapan: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, pemimpin segala bulan, maka selamat datang kepadanya. Telah datang bulan puasa dengan membawa beragam keberkahan, maka alangkah mulianya tamu yang datang itu”.
Begitu istimewanya bulan Ramadhan. Maka, sambutlah ia dengan gembira. Semoga ibadah yang rajin dan amalan baik yang dilakukan pada saat bulan Ramadhan dilakukan juga pada saat setelah bulan Ramadhan sampai akhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang baik.


Referensi: 

0 komentar:

Posting Komentar