LKM 2012

on Minggu, 17 November 2013
        LKM atau Latihan Kepemimpinan Mahasiswa adalah rangkaian kaderisasi yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Komputer atau KEMAKOM. LKM untuk tahun 2012 adalah puncak dari kaderisasi, biasanya puncak itu erat kaitannya dengan camping.
     Pada LKM 2012, bertempat di CIC atau Ciwangun Indah Camp yang ada di Lembang Bandung. LKM ini diadakan selama 3 hari 2 malam, dengan rangkaian acara yang begitu seru dan juga menegangkan. Apa saja rangkaian acara LKM 2012? Karena LKM itu sendiri adalah latihan kepemimpinan, tentu acaranya adalah tentang melatih pribadi agar menjadi seorang pemimpin yang baik dan teladan. Di LKM ini diberikan materi-materi tentang kepemimpinan, sidang, demokrasi, dan lain sebagainya. Pematerinya pun tidak asal pemateri, tetapi benar-benar seseorang yang berkompeten di bidangnya.
Selain materi, acara LKM 2012 ini ada outbound yang konten nya yaitu ‘pos-posan’. Di dalam acara ini, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dan diharuskan untuk mencari pos-pos yang terletak di beberapa tempat pada rute yang sudah ditentukan oleh panitia. Pos-posan tidak hanya untuk bermain semata, didalam pos-posan ini ada games-games yang membutuhkan kerjasama, ketelitian, kepercayaan, dan hal-hal lain yang perlu ada dalam diri pemimpin.

Pada malam terakhir LKM, para peserta dibangunkan dini hari sekali dan dibariskan di suatu lapangan. Pada saat itu, mata seluruh peserta ditutup oleh syal yang diikatkan di kepala mereka. Disini lah puncak ketegangan LKM ini, disini lah para peserta mendapatkan rasa takut dan tegang yang luar biasa. Keheningan mengisi lapangan ketika para peserta dibariskan, dan panitia mengelilingi peserta. Para peserta ditanya akan tanggung jawab atas perilakunya, ada perilaku yang tidak sopan, tidak baik, atau mungkin menyakiti hati para kakak tingkat. Ada peserta yang sampai terjatuh, entah karena apa namun terdengar suara orang terjatuh. Suara teriakkan terdengar keras menanyakan tanggung jawab peserta akan kelakuannya. Disinilah tensi dari acara LKM berada pada puncaknya, sebagian peserta hanya bisa berdiri terdiam, mendengar perkataan panitia dan alumni, dan hanya sebagian kecil perserta yang bisa angkat bicara. Waktupun bergulir, situasi tersebut akhirnya mereda, peserta sudah diperbolehkan melepas syal yang menutup mata mereka, dan acara LKM 2012 pun diakhiri oleh api unggun.


Satu hal unik yang diajarkan oleh Presiden KEMAKOM 2012 dalam LKM ini, yaitu tarian maga-maga. Para peserta tidak tahu darimana asalnya tarian ini, namun setelah diajarkan oleh Lucky Hermansyah, Presiden KEMAKOM 2012, para peserta tampak senang dan antusias dalam memperagakan tarian maga tersebut. LKM ini lah yang menyatukan para peserta, LKM ini lah yang menempa kami menjadi pribadi yang lebih baik, LKM ini lah yang memberi kami pengalaman berarti, dan LKM ini lah, kami merasakan kekeluargaan yang erat, tidak hanya antar 2012, namun seluruh angkatan. Karena KEMAKOM itu.. Keluarga.

- Nur Fuad Muhammad -


0 komentar:

Posting Komentar