Kaderisasi for better life

on Minggu, 17 November 2013
Kaderisasi itu layaknya tangga semakin atas kita mendekati puncaknya tapi perlu kerja keras untuk melewati setiap tahapnya. Sama seperti kaderisasi di universitas mulai dari kita saling mengenal antar senior dan sesama yang diwadahi dalam acara RAM(Registrasi Anggota Muda) yang  diselenggrakan oleh semua fakultas namun namanya berbeda.Dalam acara itu sebagai mahasiswa baru keluar dari BAUK tiba-tiba langsung dijemput oleh senior dari antah berantah yang kita ga kenal terus tiba- tiba   “kepo” kalau kata anak muda sekarang ngajak kenalan nanyain asalnya darimana dan blablablabla... lalu kita diajak ke markas jurusan kita disambut dengan teriakan “selamat datang” dan diwawancara dari meja ke meja rasanya masih bingung dan mikir “sebenernya gue mau diapain disini?” dengan hati yang lapang akhirnya setiap wawancara pasang senyuman paling indah dan menjawab semua pertanyaan yang dijawab oleh senior. Akhirnya lega juga setelah beres wawancara tapi ternyata masih ada satu tahapan lagi yaitu foto – foto pake properti yang disediakan panitia. pasti semua yang difoto selalu pasang senyuman dan gaya paling kece biar banyak yang ‘ngeceng’.
RAM akhirnya beres tapi jangan seneng dulu ternyata ada lanjutannya yaitu kaderisasi tahap kedua yaitu BMAIL biar maru makin gaul dan eksis dan bisa kenalan sama kaka tingkat. Jadi pada acara tersebut kita para akhwat dan ikhwat dikelompokin berdasarkan gender lalu dikasih mentor buat ngebimbing kita selama masa kaderisasi, intinya sih kita bakan dibantu buat kenalan sama dunia kampus diajarin cara bergaul yang baik dan benar , lalu kita lebih mendalami ilmu agama ya seperti mengaji bareng setiap berkumpul lalu belajar untuk percaya diri di setiap kondisi eitss tapi kita bisa curhat juga loh ke kaka mentornya misalnya kita ngeceng senior atau masih ngerasa ga yakin bisa ngejalanin jurusan ilkom karena masih terbayang pilihan pertama semua bisa diceritain dan pasti dikasih solusi sama kaka mentornya. Kalau kita bosen kumpulnya di kampus bisa request kumpul di tempat makan atau tempat hiburan yang penting kita bisa ngerasain aman dan nyaman tentunya. Pada tahap akhir BMAIL panitia ngadain acara penutupan gitu ya semacam outbond keliling kampus tepatnya. Setiap kelompok harus nyari pos sesuia ketentuan dan ngelaksanain tantangan untuk mendapatkan esensi dari setiap permain tentunya dpet poin atau bintang buat dikumpulin.
Okey kita lanjutkan cerita ke LKM apa sih LKM ? dimarah – marahin ga? Duh, salah besar kalau mikir kayak gitu , LKM(Latihan Kepemimpinan Mahasiswa) itu sebagai alur untuk melatihan jiwa kepemimpinan kita loh. Saat acara kita  kedatangan para pemateri hebat yang ngajarin cara AKSI atau semacam demo lah trus ada sidang buat milih ketua angkatan. Kebetulan banget waktu sidang saya terpilih sebagai presidium 3 tugasnya yang cuman nyatet setiap hal yang penting selama sidang semacam sekertaris gitu temen – temen yang lain ada  jadi fraksi , presidium 1 , presidium 2 , dan kaka tingkat selaku peninjau. Perdebatan panas selama sidang udah jadi bumbu paling manis deh. Tapi yang paling seru itu saat AKSI kita simulasikan lagi demo depan kantor rektorat terus bawa tulisan – tulisan “Turunkan harga BBM” lalu nyanyi lagu perjuangan rasanya kayak aktifis yang di tampilin di berita TV.  Tapi banyak banget esensi yang kita dapet seperti kebih kritis dalam berpendapat , berani, percaya diri, dan pastinya jiwa kepemimpinan lebih terasa. Point pentingnya selama kuliah jangan kayak kupu –kupu (kuliah pulang kuliah pulang) tapi harus ikut organisasi juga biar skil terasah dan nambah pengalaman juga.
Tahap terakhir kaderisasi ini ialah PLASA (Pelantikan Anggota Biasa) pasti yang kepikiran nginep di hutan belantara trus bangun shubuh – shubuh. Kenyataannya mirip dikit sih tapi ini lebih seru dari yang kita pikirin. Pada acara tersebut kalau angkatan saya kemping di tempat latihan tentara daerah ujung berung. Wow, rasanya harus becek- becekkan tapi tetap sigap dalam setiap kondisi. Kita harus kompak seangkatan dalam rangkaian acara PLASA itu biar setiap  susah senang dapat dirasakan bersama. Serunya kita ngikutin acara mulai dari pemberian materi, sholat berjamaah, upacara pembukaan, jurit malam, tracking ngelilingin rumah warga, ngasih bantuan ke warga sekitar, outbond ke kebun teh dan banyak banget acara. Rugi jadinya kalau ada yang ga ikutan pengalaman sekali seumur hidup bisa liburan sambil kaderisasi bareng temen – temen seangkatan. Nah itu ceritaku apa ceritamu?
So, jangan pernah nyerah sebelum kaderisasi nya beres ya, Let it flow aja ! dan ambil setiap esensi dari tiap kegiatanya ini bermanfaat buat masa depan kamu juga kan.


- Ashri Dinimaharawati -

0 komentar:

Posting Komentar