Artikel Kepemimpinan

on Kamis, 17 Oktober 2013
Pemimpin adalah orang yang mendapat amanah serta memiliki sifat, sikap dan gaya yang baik untuk mengurus atau mengatur orang lain serta memiliki rasa tanggung jawab dan bijaksana. Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain agar bisa melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Untuk menjadi pemimpin itu bukan hanya berdasarkan suka satu sama lainnya, tetapi banyak factor.
Pemimpin yang berhasil itu hendaknya memiliki beberapa kriteria yang tergantung pada sudut pandang atau pendekatan yang digunakan, misalnya itu kepribadiannya, keterampilannya, bakat, sifat-sifat dan sikapnya, kebijaksanaan, tanggung jawabnya atau kewenangan yang dimiliki yang mana nantinya sangat berpengaruh terhadap teori maupun gaya kempimpinan yang akan diterapkan.
Kepemimpinan itu mempunyai teori yang harus dipahami karena teori kepemimpian itu sangat besar, artinya untuk mengkaji sejauh mana kepemimpinan dalam suatu organisasi telah dapat dilakasanakn secara efektif serta kepada produktifitas organisasi secara keseluruhan.
Seorang pemimpin harus mengerti 5 teori kepemimpinan, supaya nantinya mempunyai referensi dalam menjalankan sebuah organisasi, diantaranya:
1.    Teori kepemimpinan, artinya bahwa pemimpin itu  dilahirkan bukan diciptakan serta sifat-sifat kepemimpinan tidak seluruhnya dilahirkan, akan tetapi juga dapat dicapai melalui pendidikan dan pengalaman. Sifat-sifat itu antara lain :
·        Sifat fisik
·        Mental
·        Kepribadian
2.    Teori kepemimpinan perilaku dan situasi
Dalam teori ini, seorang pemimpin yang baik itu adalah mengatahui bagaimana seorang pemimpin yang memiliki perhatian tinggi kepada bawahan dan terhadap hasil yang tinggi pula.
3.    Teori kepemimpinan situasi
Kewibawaan merupakan factor penting dalam kehidupan kepemimpinan.
4.    Teori kepemimpinan
Seroang pemimpin harus merupakan pendiagnosa yang baik dan harus bersifat fleksibal, sesuai dengan perkembangan dan tingkat kedewasaan bawahan.
5.    Teori kelompok
Harus ada pertukaran yang positif antara pemimpin dengan pengikutnya agar tujuan kelompok (organisasi) yang dilaksanakan bisa dapat tercapai.
         
Seorang pemimpin juga memiliki tipe-tpe kepemimpinan. Yang dimaksud dengan tipe kepemimpinan yaitu gaya kpemimpinan yang dibawakan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi para pengikutnya. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi gaya seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya, yaitu :
·        Faktor pendidikan
·        Faktor pengalaman
·        Faktor usia
·        Faktor karakter
Tipe-tipe dari seorang pemimpin, yaitu :
1.    Tipe Otokratis
Maksud tipe ini adalah kepemimpinan yang mendasarkan kepada suatu kekuasaan, kekuatan yang melekat pada dirinya.
Hal ini berarti seseorang menjadi pemimpin karena mempunyai kekuatan atau kekuasaan (power).
2.    Tipe Laisser Faire
Salah satu cirri dari tipe laisser faire ini adalah memberikan kebebasan sepenuhnya kepada para bawahan untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu sebagai dengan bidang tugas masing-masing.
3.    Tipe Paternalistik
Cirri tipe dari tipe paternalistik ini adalah selalu memberikan perlindungan kepada para bawahan yang kadang-kadang terlalu berlebihan.
4.    Tipe Militeristis
Maksudnya, dalam menggerakkan bawahan lebih banyak menggunakan sistem komandi/perintah, baik perintah itu secara lisan maupun secara tertulis.
5.    Tipe Demokratis
Ciri dari tipe militeristis, yaitu dalam mengambil keputusan lebih mengutamakan musyawarah untuk mufakat, daripada keputusan yang bersifat sepihak. Maksudnya adalah, apabila musyawarah untuk mufakat tidak berhasil maka ditempuh dengan jalan lain yang sesuai dengan alam demokratis.
6.    Tipe Open Leadership
Pemimpin memang memberikan kesempatan kepada para bawahan untuk memberikan saran tetapi keputusan tetap ada ditangan pimpinan.

Metode Kepemimpinan
Seorang pemimpin tidak cukup jika hanya memiliki hati atau karakter semata, tapi juga harus memiliki serangkaian metode kepemimpinan agar dapat menjadi pemimpin yang efektif. Ada 3 hal penting dalam metode kepemimpinan, yaitu :
1.    Kepemimpinan yang efektif dimulai dengan visi yang jelas.
2.    Pemimpin focus pada hal-hal spiritual dibandingkan dengan sekedar kesuksesan duniawi.
3.    Pemimpin sejati senantiasa mau belajar dan bertumbuh dalam berbagai aspek, baik pengetahuan, kesehatan, keuangan, relasi.



- Cahya Ramdhani -

0 komentar:

Posting Komentar